Total Tayangan Halaman

Rabu, 30 September 2015

SOAL dan JAWABAN EKONOMI MAKRO

1.      Apa yang dimaksud dengan tugas pengendalian makro ?
Jawaban : pengendaian makro adalah mengusahakan agar perekonomian bisa bekerja dan tumbuh secara seimbang, terhindar dan keadaan-keadaan yang bisa mengganggu keseimbangan umum.
2.Sebutkan dan jelaskan Permasalahan pokok Ekonomi Makro !
Jawaban : Secara garis besar, permasalahan kebijaksanaan makro mencakup dua permasalahan pokok:
a. Masalah jangka pendek atau masalah stabilisasi. Masalah ini berkaitan dengan bagaimana “menyetir” perekonomian nasional dan bulan ke bulan, dan triwulan ke triwulan atau dan tahun ke tahun, agar terhindar dan tiga permasalahan utama ekonomi makro.
b. Masalah jangka panjang atau masalah pertumbuhan. Masalah ini adalah mengenai bagaimana kita “menyetir” perekonomian kita agar ada keserasian antara pertumbuhan penduduk, pertambahan kapasitas produksi, dan tersedianya dana untuk investasi. Pada asasnya masalahnya juga berkisar pada bagaimana menghindari ketiga penyakit makro di atas, hanya perpektif waktunya adalah lebih panjang (lima tahun, sepuluh tahun, atau bahkan dua puluh lima tahun).
3.Sebutkan permasalahan utama dari ekonomi makro !
Jawaban :
1) inflasi,
2) pengangguran dan
3) ketimpangan dalam neraca pembayaran.
4.Dalam analisa jangka pendek ada beberapa faktor-faktor tidak bisa kita ubah, sebutkan dan jelaskan faktor-faktor tersebut !
Jawaban :
(a) Kapasitas total dan perekonomian kita. Kegiatan investasi dalam jangka pendek, masih mungkin dilakukan, tetapi ha nya dalam arti khusus, yaitu sebagai pengeluaran investasi berupa penambahan stok barang jadi, setengah jadi atau pun barang mentah di dalam gudang para pengusaha, dan pengeluaran oleh perusahaan-perusahaan untuk pembelian barang-barang modal (mesin-mesin, konstruksi gedung-gedung dan sebagainya). Tetapi yang perlu diingat, “jangka pendek” yang kita maksud di sini adalah begitu pendek sehingga pengeluaran (pembelian) barang-barang modal tersebut beleum bias menambah kapasitas produksi dalam periodesasi tersebut. (Yaitu mesin-mesin sudah dibeli tapi belum dipasang).
(b) Jumlah penduduk dan jurnlah angkatan kerja. Dalam suatu triwulan misalnya, jumlah-jumlah mi praktis bisa dianggap tidak berubah.
(c) Lembaga-lembaga sosial, politik, dan ekonomi yang ada.

5.Apa yang dimaksud dengan neraca perdagangan?
Jawaban : Neraca Perdagangan, adalah penerimaan devisa ekspor dikurangi pengeluaran devisa untuk import atau Neraca Pembayaran.
6.Apa yang dimaksud dengan dasar penukaran luar negeri ?
Jawaban : Dasar Penukaran Luar Negeri(terms of trade), yaitu harga rata-rata ekspor dibagi dengan harga rata-rata impor.
7.Apa yang dimaksud dengan cadangan devisa ?
Jawaban : Cadangan Devisa, yaitu persediaan devisa yang kita pun pada awal tahun plus saldo neraca pembayaran.

8.Sebutkan kegiatan-kegiatan pokok Kelompok Rumah Tangga ekonomi makro !
Jawaban :
(a)    menerima penghasilan dan para produsen dan “penjualan” teraga kerja mereka (upah), deviden, dan dan menyewakan tanah hak milik mereka.
(b)   menerima penghasilan dari lembaga keuangan berupa bunga atas simpanan-simpanan mereka;
(c)    membelanjakan penghasilan tersebut di pasar barang (sebagai konsumen);
(d)   menyisihkan sisa dan penghasilan tersebut untuk ditabung pada lembaga-lembaga keuangan;
(e)    membayar pajak kepada pemerintah;
(f)     masuk dalam pasar uang sebagai “peminta” (demanders) karena kebutuhan mereka akan uang tunal untuk misalnya transaksi sehari-hari.


9.Sebutkan Kegiatan-kegiatan pokok Kelompok Produsen ekonomi makro ?

Jawaban :
(a)    memproduksikan dan menjual barang-barang/jasa-jasa (yaitu sebagai supplier di pasar barang);
(b)   Menyewa/menggunakan faktor-faktor produksi yang dimiliki oleh kelompok rumah tangga untuk proses produksi;
(c)    menentukan pembelian barang-barang modal dan stok barang-barang lain (selaku investor masuk dalam pasar barang sebagai peminta atau demander);
(d)   meminta kredit dan lembaga keuangan untuk membiayai investasi mereka (sebagai demander di pasar uang);
(e)    membayar pajak.

10. Sebutkan kegiatan pokok Kelompok Lembaga Keuangan pada ekonomi makro !

Jawaban :
(a)    menerima simpanan/deposito dan rumah tangga;
(b)   menyediakan kredit dan uang giral (sebagai supplier dalam pasar uang).





11.Apa yang akan terjadi apabila tidak semua barang yang diproduksikan dalam suatu periode (misalnya, triwulan) bisa terbeli?
Jawaban :
-         Pertama, para produsen akan nengu rangi produksi mereka untuk periode berikutnya. Jadi, GDP dalani triwulan berikutnya turun.
-         Kedua, dan ini bisa terjadi bersamaan dengan akibat pertama tersebut, harga-harga barang turun. Sesuat dengan hukum penawaran dan permintaan biasa, bila permintaan lebih kecil dan penawaran, maka harga cenderung untuk turun.

23.Sampai berapa jauh kekurangan perrnintaan efektif akan mengakibatkan turunnya GDP (dalam periode berikutnya) dan sampai berapa jauh akan menurunkan harga ?
Jawaban :
Sangat tergantung khususnya pada apakah harga-harga barang cukup fleksibel ke bawah (yaitu bisa turun). Dalam kenyataan memang ada barang yang harganya sulit untuk turun, meskipun ada kelebihan produksi. ( yang harga jualnya ditentukan atas dasar biaya pro duksi biasanya tidak mau turun, meskipun terjadi kelebihan pro duksi barang-barang tersebut). Kalau demikian halnya, maka kekurangan permintaan efektif tersebut akan lebih banyak mengakibatkan penurunan produksi (GDP) dalam periode beri kutnya.Apabila seandainya harga-harga cukup fleksibel ke bawah. maka harga-harga akan turun cukup jauh, sehingga permintaan akan barang-barang tersebut mulai naik kembali. Jadi kalau harga cukup flek sibel maka penurunan produksj (GDP) pada periode berikutny tidak akan sebesar kalau harga-harga tidak mau turun.

13.Apa pendapat keynes mengenai keputusan pengeluaran konsumsi rumah tangga ?
Jawaban :
Mengenai keputusan pengeluaran konsumsi rumah-tangga, Keynes berpendapat bahwa keputusan tersebut cukup stabil dan biasanya hanya berubah apabila tingkat pendapatan rumah-tangga berubah.
14.Jelaskan apa itu pasar uang ?
Jawaban : Penjelasan tentang pasar uang dapt dijelaskan sebagai berikut :
  1. Pasar uang adalah pertemuan antara permintaan akan uang dengan penawaran akan uang. Permintaan akan uang adalali kebutuhan masyarakat akan uang tunai untuk menunjang k giatan ekonominya. Sedangkan penawaran akan uang adalah jumlah uang yang disediakan oleh pemerintah dan bank-banl yaitu seiuruh uang kartal dan uang giral yang beredar.
  2. Menurut Keynes, permintaan akan uang bersumber pada 3 macam kebutuhan akan uang: (a) kebutuhan transaksi, (b) kebutuhan berjaga-jaga dan (c) kebutuhan spekulasi. Ketiga macan kebutuhan ini disebut 3 alasan mengapa orang memerlukan uang.
  3. Permintaan akan uang untuk transaksi ditentukan oleh(a) vol me output yang ditransaksikan (yaitu GDP nil) dan (b) tingkai harga umum. Dalam hal mi Keynes tidak berbeda dengan kaum Klasik, Pasar uang untuk berjaga-jaga relatif kecil.
  4. Permintaan untuk spekulasi (yang membedakan teori Key dengan teori Kuantitas) adalah permintaan akan uang tunai un tuk tujuan memperoleh keuntungan. Caranya adalah dengan “berspekulasi” dalam pasar obligasi (surat berharga). Apabila harga obligasi diharapkan untuk naik di masa mendatang, mak orang akan membeli obligasi dengan uang tunainya han in un berarti uang tunai yang saat mi ia ingin pegang (untuk tujual spekulasi) berkurang. Sebaliknya, apabila harga obligasi diha rapkan turun, maka permintaannya akan uang tunai saat ini bertambah lebih senang menjual obligasi yang ia pegang memperoleh atau memegang uang tunai sekarang.
  5. Hubungan antara harga obligasi dan tingkat bunga yang berla ku adalah berkebalikan. Harga obligasi naik sama saja artiny dengan tingkat bunga turun. Sebaliknya, harga obligasi turun berarti tingkat bunga naik.
  6. Bila harga obligasi diharapkan naik, ini berarti bahwa harga obligasi saat ini dianggap terlalu rendah. Bila harga obliga harapkan turun, ini berarti bahwa harga obligasi saat ini dengan harga tertinggi.

15.Apa yang dimaksud kebijakan moneter ?
Kebijakan moneter adalah tindakan pemerintah (atau bank sentral) untuk mempengaruhi situasi makro yang dilaksanakan melalui pasar uang.
16.Jelaskan hubungan kebijakan moneter dan kebijakan fiskal ?
Jawaban :
Kebijaksanaan moneter dan kebijaksanaan fiskal adalah dua kebijaksanaan yang merupakan alat utama bagi perencana ekonomi nasional untuk mengendalikan keseimbangan makro perekonomiannya. Keduanya  sangat erat berkaitan satu sama lain, sehingga dalam praktek yang sering dijumpai adalah kebijaksanaan fiskal yang juga mempunyai konsekuensi-konsekuensi moneter atau kebijaksanaan moneter dengan konsekuensi-konsekuensi fiskal.
17. Apa yang dimaksud dengan inflasi ?
Jawaban :
Inflasi adalah kecenderungan dari harga-harga untuk meningkat secara umum dan terus menerus.
18.Sebutkan dan jelaskan Indikator Inflasi
Jawaban :
  • Indeks Harga Konsumen (IHK) merupakan indikator yang umum digunakan untuk menggambarkan pergerakan harga. Perubahan IHK dari waktu ke waktu menunjukkan pergerakan harga dari paket barang dan jasa yang dikonsumsi masyarakat. Dilakukan atas dasar survei bulanan di 45 kota, di pasar tradisional dan modern terhadap 283-397 jenis barang/jasa di setiap kota dan secara keseluruhan terdiri dari 742 komoditas.
  • Indeks Harga Perdagangan Besar merupakan indikator yang menggambarkan pergerakan harga dari komoditi-komoditi yang diperdagangkan di suatu daerah.

19. Sebutkan dan jelaskan pembagian inflasi berdasarkan sumber penyebabnya !
Jawaban :
Didasarkan kepada sumber penyebabnya, menurut Soediyono R. : inflasi dapat digolong-golongkan sebagai berikut:
(a) Inflasi permintaan. Istilah untuk inflasi semacam ini antara lain ialah demand-pull inflation. inflasi tarikan permintaan dan demand inflation.
(b) inflasi penawaran. lstilah lain yang hanyak dipakai untuk inflasi sernacam mi ialah cost-push inflation dan supply inflation.
(c) Inflasi campuran, yaitu inflasi yang mempunyai baik unsur demand pull maupun cost push. Inflasi semacam ini sering disebut mixed inflation.

20. Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi inflasi !
Jawaban :
Faktor-faktor yang mempengaruhi inflasi dapat dibagi menjadi 2 macam, yaitu :
  1. tekanan inflasi yang berasal dari sisi permintaan
  2. tekanan inflasi yang berasal dari sisi penawaran.
21. Sebutkan Prinsip-Prinsip Kebijakan Moneter yang Sehat !
Jawaban :
(i) Mempunyai satu tujuan akhir yang diutamakan (overriding objective), yaitu sasaran inflasi, sebagai kontribusi pokok kebijakan moneter dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu, sasaran inflasi ditetapkan dengan mempertimbangkan pengaruhnya (trade-off) dengan pertumbuhan ekonomi.
(ii) Kebijakan moneter bersifat antisipatif atau forward looking, yaitu dengan mengarahkan kebijakan moneter yang ditempuh saat ini diarahkan untuk mencapai sasaran inflasi yang ditetapkan pada periode yang akan datang mengingat adanya efek tunda (lag) kebijakan moneter.
(iii) Mengikatkan diri kepada suatu mekanisme tertentu dalam membuat pertimbangan penentuan respon kebijakan moneter (constrained discretion). Dalam penetapan respon kebijakan moneter, bank sentral mempertimbangkan prakiraan inflasi, pertumbuhan ekonomi, serta berbagai variabel lain. Termasuk pertimbangan mengenai kebijakan ekonomi Pemerintah dalam kerangka koordinasi kebijakan moneter dengan kebijakan makro lain.
(iv) Sesuai dengan prinsip-prinsip tata kelola yang sehat (good governance), yaitu berkejelasan tujuan, konsisten, transparan, dan berakuntabilitas.
22. Sebutkan dan jelaskan tujuan dan bentuk respon negara terhadap kebijakan moneter !
Jwaban :
Tujuan dan bentuk respon kebijakan moneter adalah sbb:
  • Respon (stance) kebijakan moneter ditetapkan untuk menjamin agar pergerakan inflasi dan ekonomi ke depan tetap berada pada jalur pencapaian sasaran inflasi yang telah ditetapkan (konsistensi).
  • Respon kebijakan moneter dinyatakan dalam kenaikan, penurunan, atau tidak berubahnya BI Rate.
  • Perubahan (kenaikan atau penurunan) BI Rate dilakukan secara konsisten dan bertahap.
23. Jelaskan bagaimana cara pengoperasian pengendalian moneter ?
Jawaban:
Pengendalian moneter dilakukan dengan menggunakan instrumen:
1.      Operasi Pasar Terbuka (OPT),
2.      Instrumen likuiditas otomatis (standing facilities),
3.      Intervensi di pasar valas,
4.      Penetapan giro wajib minimum (GWM), dan
5.      Himbauan moral (moral suassion).
24. Apa yang dimaksud dengan stabilitas Sistem keuangan ?
Jawaban :
Stabilitas Sistem Keuangan (SSK) adalah suatu sistem keuangan yang memasuki tahap tidak stabil  pada saat sistem tersebut telah membahayakan dan menghambat kegiatan ekonomi.
25. Dalam menganalisa suatu perekonomian dikenal dua model perekonomian. Sebutkan dan jelaskan dua model perekekonomian tersebut !
Jawaban :
Dalam menganalisa suatu perkenomian, dikenal dua model perekonomian,yaitu :
1.      Perekonomian tertutup
Adalah model perekonomian yang pada pelakunya, khususnya Produsen dan Konsumen, secara sederhana akan melakukan kegiatan dalam penjualan dan pembelian di pasar yang saling melengkapi untuk memenuhi kebutuhan dan kepentingannya masing-masing.
2.      Perekonomian terbuka
Terdapat kemungkinan dari produsen untuk melakukan kegiatan ekspor barang dan produk dagangan dengan tujuan pasar-pasar di negara lain atau sebaliknya melakukan kegiatan impor atas bahan mentah dan bahan penolong serta mesin atau barang jadi dari luar negara.  Dalam model terbuka ini jasa perbankan dan lembaga keuangan dapat juga berasal dari luar negeri dan kita dihadapkan pada sistem perekonomian yang semakin menyatu (the borderless economy) yang disebut dengan the global economy.




26. Apa yang menyebabkan terjadinya perdagangan internasional ?

Jawaban :
Perdagangan internasional dapat terjadi karena beberapa alasan, yaitu :
  • Keanekaragaman kondisi produksi. Perdagangan diperlukan karena adanya keanekaragaman kondisi produksi di setiap negara.
  • Penghematan biaya. artinya proses produksi tersebut cenderung memiliki biaya produksi rata-rata yang lebih rendah ketika volume produksi ditingkatkan.
  • Perbedaan selera. Sekalipun kondisi produksi di semua daerah serupa, setiap negara mungkin akan melakukan perdagangan jika selera mereka berbeda. Contohnya, negara A dan B menghasilkan daging sapi dan daging ayam dalam jumlah yang hampir sama, tetapi karena masyarakat negara A tidak menyukai daging sapi, sedang negara B tidak menyukai daging ayam, dengan demikian ekspor yang saling menguntungkan dapat terjadi di antara kedua negara tersebut, yaitu bila negara A mengimpor daging ayam dan mengekspor daging sapi, sebaliknya negara B mengimpor daging sapi dan mengekspor daging ayam.
  • Prinsip keunggulan komparatif (comparative advantage). Prinsip ini mengatakan bahwa setiap negara akan berspesialisasi dalam produksi dan mengekpor barang dan jasa yang biayanya relatif lebih rendah (artinya lebih efisien dibanding negara lain); sebaliknya setiap negara akan mengimpor barang dan jasa yang biaya produksinya relatif lebih tinggi (artinya kurang efisien dibanding negara lain).

27. Apa yang dimaksud dengan neraca pembayaran Internasional ?
Jawaban :
Neraca pembayaran internasional (international balance of payment) suatu negara merupakan laporan keuangan negara yang bersangkutan atas semua transaksi ekonomi dengan negara-negara lain yang disusun secara sistematis; neraca ini menghitung dan mencatat semua arus barang, jasa, dan modal antara suatu negara dengan negara lain.
28. Sebutkan komponen-komponen yang terdapat pada neraca pembayaran luar negeri !
Jawaban :
Neraca pembayaran luar negeri suatu negara pada umumnya dibagi ke dalam empat bagian, yaitu:
  • Transaksi berjalan (current account). Termasuk ke dalamnya barang dagangan (neraca perdagangan), pos-pos tak berwujud (jasa, dan pendapatan dari investasi netto), dan ekpor atau impor serta bantuan pemerintah.
  • Neraca modal (capital account). Termasuk ke dalamnya pembelanjaan swasta dan pemerintah dan penjualan aset seperti saham, obligasi, dan real estate).
  • Penyimpangan statistik.
  • Penyelesaian resmi (official settlements).


29. Apa yang dimaksud dengan ekonomi makro ?
Jawaban :
Ekonomi makro adalah study tentang ekonomi secara keseluruhan. Ekonomi makro menjelaskan perubahan ekonomi yang mempengaruhi banyak masyarakat, perusahaan dan pasar.
30. Sebutkan tujuan dari ekonomi makro !
Jawaban :
Tujuan ekonomi makro adalah sebagai berikut :
1.      Menganalisa sejauh mana penggunaan sumber daya didalam kegiatan perekonomian
2.      Menganalisa kestabilan perekonomian, khususnya bidang moneter
3.      Menganalisa pertumbuhan perekonomian
31. Sebutkan permasalahan dalam ekonomi makro !
Jawaban :
Permasalahan dalam ekonomi makro adalah sebagai berikut :
1. kemiskinanan dan pemerataan
2. krisis nilai tukar
3. hutang luar negeri
4. perbankan, kredit macet
5. inflasi
6. pertumbuhan ekonomi
7. pengangguran
32. Apa yang dimaksud dengan sistem capital inflow, capital outflow dan capital flight ?
Jawaban :
Capital inflow adalah pemasukan kontribusi dari investasi dalam bentuk faktor produksi dapat berupa uang, barang, tenaga manusia, mesin, pabrik, tanah, gedung, dan lain sebagainya. Sebaliknya kalau capital outflow merupakan aliran yang keluar dari investasi tersebut. Begitu juga capital flight merupakan penerbangan atau tingkat kontribusi dari investasi tersebut.
33. Apa akibat defisit akibat dari impor yang berlebihan?
Jawaban :
Akan mengakibatkan penurunan dalam kegiatan ekonomi dalam negri karena konsumen mengganti barang yang di produksi dalam negri dengan barang impor.

34. Jelaskan peningkatan mobilitas masyarakat secara horizontal dan vertikal?
Jawaban :
Peningkatan mobilitas horizontal penduduk dari pedesaan ke perkotaan dan dari daerah satu ke daerah lain. Serta perubahan status sosial masyarakat ke jenjang yang lebih tinggi merupakan peningkatan mobilitas secara vertikal.
35. Apa dampak positif ekonomi makro bagi masyarakat dan pemerintah ?
Jawaban :
Bagi masyarakat dapat meningkatkan pendapatan nasional dan membuat orang bergairah untuk bekerja, menabung dan mengadakan investasi, sedangkan bagi pemerintah membangun sarana umum dengan memanfaatkan jasa rakyat yang berusaha dalam bidang konstruksi mendirikan pabrik pupuk dan membangun irigasi agar hasil produksi di bidang pertanian meningkat, dan masalah kemiskinan, masalah keterbelakangan, pengangguran dan kesempatan kerja, serta masalah kekurangan modal.
36. Ilmu ekonomi makro memperlajari variable-variable secara agregat (keseluruhan), dari pernyataan di atas, sebutkan variable-variable yang dimaksud?
Jawaban :
1.      Pendapatan nasional
2.      kesempatan kerja atau pengangguran
3.      jumlah uang beredar
4.      laju inflasi
5.      Pertumbuhan ekonomi
6.      maupun neraca pembayaran internasional.
37. Apa yang dimaksud dengan full employment dan under employment ?
Jawaban :
full employment yaitu berbagai sumber daya telah di manfaatkan di dalam kegiatan ekonomi. Apabila seluruh sumber daya telah di manfaatkan keadaan. under employment yaitu masih terdapatnya pengangguran atau belum berada pada posisi kesempatan kerja penuh.
38. Apa yang dimaksud dengan peran dan fungsi stabilisasi?
Jawaban :
Fungsi stabilisasi yaitu fungsi pemerintahan dalam menciptakan kestabilan ekonomi, sosial, politik, hukum, pertahanan dan keamanan.


39. Apa yang dimaksud dengan peran dan fungsi alokasi?
Jawaban:
Fungsi alokasi yaitu fungsi pemerintahan sebagai penyedia barang dan jasa public, seperti pembangunan jalan raya, gedung sekolah, penyediaan fasilitas penerang dan telpon.
40. Apa yang dimaksud dengan peran fungsi distribusi ?
Jawaban :
Fungsi distribusi yaitu fungsi pemerintahan dalam pemerataan atau distribusi pendapatan masyarakat.
41. Apa yang dimaksud Dengan skala mikro park system dan makro park system ?
Jawaban :
Skala mikro park system dalam skala mikro hanya berbeda dalam skala luasnya. Jika park system dalam skala makro melayani seluruh kota, skala mikro melayani sebagian wilayah kota, maka skala mikro hanya melayani lingkungan tertentu dalam wilayah kota, namun struktur dan fungsinya tidak berbeda dengan park system skala makro.
42. Jelaskan beberapa kebijakan yang dapat dijalankan untuk menurunkan tingkat pengangguran alamiah maupun frictional unemployment?

Jawaban :

1.      Pendistribusian informasi lowongan kerja oleh agen pemerintah maupun swasta melalui instansi-instansi tertentu seperti halnya perguruan tinggi maupun instansi negeri dalam mempertemukan pekerjaan dan pekerja secara efisien
2.      Program pelatihan umum yang dirancang untuk memudahkan transisi pekerja-pekerja dari industri lama ke industri yang sedang marak. Hingga tingkat tertentu program ini terbukti mampu menurunkan tingkat pengangguran alami

43. Apa yang dimaksud dengan kekuatan Upah (wage Rigidity) ?

Jawaban :

Yang dimaksud dengan kekuatan upah adalah ketidakmampuan upah dalam menyesuaikan diri pada keseimbangan permintaan dan penawaran tenaga kerja, dalam model keseimbangan di pasar tenaga kerja, upah mengikuti keseimbangan permintaan dan penawaran, akan tetapi dalam kenyataannya upah tidak selalu fleksibel terkadang upah yang berlaku berada di atas market
clearing level.




44. Secara prinsip uang memiliki 3 fungsi yang melekat sebagai kesatuan, sebutkan dan jelaskan ke 3 fungsi tersebut !!

Jawaban :
1.      Uang sebagai penyimpan nilai (store of value), Uang berfungsi sebagai sarana transfer daya beli dari waktu sekarang untuk yang akan dating. Orang bekerja dan memperoleh pendapatan dalam bentuk uang yang dapat dipergunakan untuk konsumsi sekarang atau nanti, dengan demikian disini uang berfungsi sebagai penyimpan nilai pekerjaan.
2.      Uang Sebagai Unit Hitung (a unit of account), Uang dipergunakan untuk istilah ‘Harga’, misalkan saja dua barang memiliki harga relative makan harga relative tersebut dihitung dalam satuan uang
3.      Uang Sebagai Alat tukar (Medium of Exchange), Uang dipakai sebagai alat untuk pembeli barang dan jasa. Jika kita mempergunakan cara barter maka diperlukan dua kepentingan yang sama (double coincidence of wants) yang mungkin sulit dipertemukan dalam waktu yang sama.

45. Sebutkan dan jelaskan permintaan Uang menurut Keynes !

Jawaban :

 Permintaan uang menurut Keynes didasarkan pada 3 motif yaitu :
1.      Motif Transaksi (transaction motives), Yaitu motif yang mendasari permintaan uang untuk keperluan aktivitas sehari-hari unit ekonomi
2.      Motif Berjaga-jaga (precautionary motive), Adalah motif yang mendasari permintaan uang untuk mengantisipasi fluktuasi dari aktivitas ekonomi disamping juga untuk menutupi jika misalnya terjadi kerugian karena motif spekulasi, esensinya adalah factor ketidakpastian (uncertainty)di masa mendatang
3.      Motif Spekulasi (Speculative motive) Merujuk pada perkembangan asset alternative atau pada ketidakpastian risiko sehingga memungkinkan untuk memperolehlaba atau rugi (gain or loss).

46. Sebutkan factor-faktor apa saja yang mempengaruhi investasi ?

Jawaban : 
1.      Tingkat Bunga, dalam hal ini tingkat bunga sangat berpengaruh terhadap investasi, jika tingkat bunga relative rendah maka tingkat investasi akan tinggi dan sebaliknya.
2.      Marginal Efficiency of Capital (MEC), ini merupakan salah satu konsep yang dikeluarkan Keynes untuk menentukan tingkat investasi yang terjadi dalam suatu perekonomian, MEC merupakan tingkat keuntungan yang diharapkan dari investasi yang dilakukan (return of investment).
3.      Peningkatan Aktivitas Perekonomian, Harapan akan peningkatan aktivitas perekonomian di masa mendatang adalah factor penentu untuk investasi
4.      Kestabilan Politik Suatu Negara, ini merupakan pertimbangan yang sangat penting untuk menciptakan investasi (khususnya penanam modal asing), semakin stabil politik suatu Negara akan menyebabkan investasi menjadi semakin aman.




47. Jelaskan apa yang dimaksud dengan GNP (Gross National Product) ?

Jawaban :
GNP Adalah barang dan jasa yang dihasilkan masyarakat suatu Negara dalam kurun waktu tertentu menurut harga pasar, yaitu berupa :
1.      Upah dan tunjangan
2.      Penghasilan perusahaan perseorangan
3.      Sewa rumah dan tanah
4.      Bunga simpanan
5.      Dividen saham
6.      Laba perusahaan
7.      Pajak tak langsung dan langsung
8.      Penyusutan

48. Jelaskan apa yang dimaksud dengan NNP (Net National Product) !

Jawaban :

NNP merupakan hasil penghitungan yang diperoleh dengan mengurangi penyusutan barang-barang modal terhadap penghitungan GNP atau NNP = GNP – Penyusutan

49. Jelaskan apa yang dimaksud dengan NNI (Net National Income) !

Jawaban :

NNI  adalah Jumlah seluruh penerimaan anggota masyarakat sebagai balas jasa, karena turut serta dalam proses produksi, ini diperoleh dengan NNI = GNP – Penyusutan – Pajak tak langsung


50. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Personel Income

Jawaban :

Personal Income adalah jumlah pembayaran yang diterima masyarakat (individu) baik dari upah, bunga dan deviden

51. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Disposible Income !

Jawaban :

Disposible income Merupakan pendapatan individu dalam masyarakat yang siap untuk dibelanjakan dan dikonsumsikan atau personel income pajak langsung pajak tak langsung

52. Apa yang dimaksud dengan pertumbuhan ekonomi ?

Jawaban :

Pertumbuhan ekonomi adalah perkembangan fisikal produksi barang dan jasa yang berlaku di suatu negara, seperti pertambahan dan jumlah barang industri, perkembangan infrastruktur, pertambahan sekolah, pertambahan produksi sektor jasa dan pertambahan produksi barang modal.


53. Sebutkan Tolok ukur pertumbuhan ekonomi !

Jawaban :

1. Berkurangnya kemiskinan absolut
2. Menurunnya ketimbangan distribusi pendapatan
3. Berkurangnya angka pengangguran

54. Apa yang dimaksud dengan pengangguran ?

Jawaban :

Pengangguran adalah orang yang tidak bekerja dan yang secara aktif mencari pekerjaan selama 4 minggu sebelumnya, atau sedang menunggu dipanggil kembali untuk suatu pekerjaan setelah diberhentikan, atau sedang menunggu untuk melapor atas pekerjaan yang baru dalam waktu 4 minggu.

55. Sebutkan Jenis-Jenis Pengangguran !

Jawaban :

1.      Pengangguran Friksi (Frictional Unemployment)
2.      Pengangguran musiman (Seasonal Unemployment)
3.      Pengangguran struktural (Structural Unemployment).
4.      Pengangguran yang diakibatkan oleh kelebihan yang kronis dari total penawaran tenaga kerja dibandingkan dengan permintaan tenaga kerja.
5.      Pengangguran tidak kentara (Disgued Unemployment)
6.      Setengah menganggur kentara (Visible Unemployment)
7.      Setengah menganggur potensial (Potential Unemployment)

56. Apa yang dimaksud dengan kebijakan moneter kuantitatif ?

Jawaban :

Kebijakan moneter kuantitatif adalah langkah-langkah Bank Sentral yang bertujuan untuk mempengaruhi jumlah penawaran uang dan suku bunga dalam perekonomian.


57. Apa yang dimaksud dengan kebijakan moneter kualitatif ?

Jawaban :

langkah-langkah Bank Sentral yang bertujuan untuk mengawasi bentuk-bentuk pinjaman dan investasi yang dilakukan oleh bank-bank perdangangan


58. Kenapa output nasional menjadi indikator penting dlm sebuah perekonomian?

Jawaban :

1.      Besarnya output nasional adl gambaran awal tentang seberapa besar efisien sumber daya yg ada dlm perekonomian (TK, barang modal, uang & kemampuan kewirausahaan.
2.      Besarnya output nasional adl gambaran awal tentang produktivitas dan tingkat kemakmuran suatu negara.
3.      Besarnya output nasional adl gambaran awal tentang masalah2 struktural (mendasar) yg dihadapi suatu perekonomian.

59. Apa yang dimaksud dengan pajak langsung dan pajak tidak langsung !

Jawaban :

Pajak langsung adalah pajak yang beban pajaknya tidak dapat digeser kepada wajib pajak yg lain. Contohnya PPh dan PBB
Pajak Tidak Langsung adalah pajak yang beban pajaknya dapat digeser kepada wajib pajak yang lain. Contohnya, pajak penjualan (PPn dan PPnBM)


60. Mengapa sistem barter dikatakan tidak efisisien lagi di gunakan pada saat perekomian saat ini ?

Jawaban :

Sistem barter dikatakan tidak efisien disebabkan karena :
1.      Double Coincidence of Wants, yaitu Dua atau lebih keinginan yang saling  berkesesuaian.
2.      Kesulitan dalam penentuan harga . Karena tidak ada ukuran yang tepat mengenai  nilai suatu barang, maka akan sangat sulit untuk menentukan berapa buah batu menhir yang harus ditukarkan untuk mendapatkan seekor babi, di sisi lain sangat tidak layak manakala seekor babi hanya ditukarkan dengan seekor ikan.
3.      Membatasi pilihan pembeli, Seorang pembeli akan terikat pada syarat yang ditentukan oleh pihak lain .
4.      Sukar menyimpan kekayaan. Karena tidak adanya uang maka kekayaan yang  disimpan juga berupa barang yang mungkin memakan tempat yang cukup besar,  tidak tahan lama dan tingkat keamanannya juga tidak terjamin.

61. Sebutkan syarat – syarat agar uang dapat diterima masyarakat umum !

Jawaban :

1. Nilainya tidak mengalami perubahan dari waktu ke waktu
2. Mudah dibawa –bawa
3. Mudah disimpan tanpa mengurangi nilainya
4. Tahan lama
5. Jumlahnya tidak tak terbatas ( tidak berlebih –lebihan )
6. Bendanya mempunyai mutu yang sama
62. Apa yang mendasari perekonomian secara keseluruhan ?

Jawaban :

Hal-hal mendasar mengenai perekonomian secara keseluruhan adalah bahwa produktivitas merupakan sumber yang utama dari standar hidup, bahwa pertumbuhan jumlah uang adalah penyebab utama inflasi, dan bahwa masyarakat selalu berhadapan dengan tradeoff jangka pendek antara inflasi dan pengangugaran.

63. Apa yang mendasari pengambilan keputusan individu ?

Jawaban :

Hal-hal mendasar mengenai pengambilan keputusan secara individu adalah orang-orang menghadapi tradeoff antara berbagai pilihan tujuan, bahwa biaya untuk setiap tindakan diukur dalam kesempatan-kesempatan yang terlewatkan, bahwa orang-orang yang rasional mengambil keputusan dengan membandingkan biaya marginal dengan keuntungan marginal, dan bahwa orang-orang mengubah perilaku mereka sebagai respons atas perubahan insentif yang mereka hadapi.

64. Sebutkan apa yang menjadi alasan mendasar adanya interaksi ekonomi makro di masyarakat !

Jawaban :

Hal –hal yang mendasar mengenai interaksi di masyarakat adalah bahwa perdagangan (pertukaran) dapat menguntungkan kedua belah pihak yang melakukannya, bahwa pasar adalah tempat baik mengoordinasikan perdagangan dalam masyarakat, dan bahwa pemerintah dapat meningkatkan kinerja pasar seandainya terjadi kegagalan pasar atau hasil dari pasar merata.

65.  Jelaskan apa yang dimaksud dengan harga dasar !

Jawaban :

Harga dasar adalah harga minimum sesuai hukum dari suatu barang atau jasa. Contohnya adalah upah minimum. Jika harga dasar berada di atasa harga keseimbangan, jumlah penawaran melebihi jumlah permintaan. Karena mengakibatkan surplus, permintaan pembeli harus dijatahkan di antara banyak penjualnya.

66. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Batas harga tertinggi !

Jawaban :

Atas harga tertinggi adalah harga maksimum sesuai hukum dari suatu barang atau jasa. Contohnya adalah pengendalian sewa. Jika batas harga tertinggi berada di bawah harga keseimbangan, jumlah pemintaan melebihi jumlah penawaran, karena mengakibatkan kekurangan, penjual harus menjatahkan barang atau jasa diantara pembeli pembelinya, dengan berbagai cara.

67. Apa yang dimaksud dengan surplus konsumen dan surplus produsen ?

Jawaban :

·  Surplus konsumen adalah nilai kerelaan pembeli untuk membayar suatu barang dikurangi harga barang tersebut yang sebenarnya. Surplus konsumen mengukur manfaat yang diterima pembeli dari partisipasinya di suatu pasar. Surplus konsumen dapat dihitung dengan mencari luas daerah di bawah kurva permintaan dan di atas harga.
·  Surplus produsen adalah harga jual suatu barang dikurangi biaya produksinya. Surplus konsumen mengukur manfaat yang harus diterima penjual dari partisipasinya di suatu pasar. Surplus produsen dapat dihitung dengan mencari luas daerah dibawah harga dan di atas kurva penawaran.

68. Apa yang dimaksud dengan peningkatan tingkat pendapatan ?

Jawaban :

Peningkatan yang tinggi dalam permintaan agregat disebabkan oleh peningkatan dalam pendapatan pengguna. Pendapatan yang tinggi ini akan meninggikan kecenderungan pengguna untuk berbelanja dan ini akan meningkatkan jumlah permintaan dalam sesebuah ekonomi. Pada kebiasaannya, peningkatan pendapatan pengguna berlaku pada ketika ekonomi mengalami pertumbuhan yang tinggi.

69. Apa yang dimaksud dengan peningkatan penawaran uang ?

Jawaban :

Penawaran uang yang banyak dalam sesuatu ekonomi boleh meningkatkan jumlah permintaan dalam negara. Jika penawaran
uang tidak diawasi , maka ekonomi akan meningkatkan jumlah permintaan dalam negara.


70. Harga suatu jenis barang pada tahun 2002 sebesar Rp. 6.000,- dan pada tahun dasar harga barang tersebut Rp. 4.000,-, Berapakah Indek harga pada tahun 2002 ?

Jawaban :
http://110.138.206.53/bahan-ajar/modul_online/ekonomi/MO_7/images/eko203_12.jpg
 





Artinya pada tahun 2002 telah terjadi kenaikan harga sebesar 50%


71. Daftar harga beras dari tahun 1999 sampai dengan tahun 2001
Tahun
Harga
1999
2000
2001
2500
2800
3100
Berdasarkan data di atas:
a. Hitung Indek Harga Konsumen
b. Hitung laji inflasi tahun 2000 dan tahun 2001 dengan tahun dasar tahun 1999
Jawaban :
a.
http://110.138.206.53/bahan-ajar/modul_online/ekonomi/MO_7/images/eko203_14.jpg
b.
http://110.138.206.53/bahan-ajar/modul_online/ekonomi/MO_7/images/eko203_15.jpg

72. Bagaimana kebijakan pemerintah dalam mengatasi damplak inflasi ?
Jawaban :
1.      Kebijakan Moneter adalah kebijakan yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan nasional dengan cara mengubah jumlah uang yang beredar. Penyebab inflasi diantara jumlah uang yang beredar terlalu banyak sehingga dengan kebijakan ini diharapkan jumlah uang yang beredar dapat dikurangi menuju kondisi normal.
2.      Kebijakan fiskal adalah kebijakan yang berhubungan dengan finansial pemerintah.
3.      Kebijakan Non-moneter dapat dilakukan dengan cara menaikkan hasil produksi, kebijakan upah, pengawasan dan distribusi barang.


73. Bagaimana cara mengukur inflasi suatu negara ?
Jawaban :
Inflasi dapat diukur dengan menghitung perubahan tingkat persentase perubahan sebuah indeks harga. Indeks harga tersebut di antaranya:
• Indeks harga konsumen (IHK) atau consumer price index (CPI), adalah indeks yang mengukur harga rata-rata dari barang tertentu yang dibeli oleh konsumen.
• Indeks biaya hidup atau cost-of-living index (COLI).
• Indeks harga produsen adalah indeks yang mengukur harga rata-rata dari barang-barang yang dibutuhkan produsen untuk melakukan proses produksi. IHP sering digunakan untuk meramalkan tingkat IHK di masa depan karena perubahan harga bahan baku meningkatkan biaya produksi, yang kemudian akan meningkatkan harga barang-barang konsumsi.
• Indeks harga komoditas adalah indeks yang mengukur harga dari komoditas-komoditas tertentu.
• Indeks harga barang-barang modal
• Deflator PDB menunjukkan besarnya perubahan harga dari semua barang baru, barang produksi lokal, barang jadi, dan jasa.
74. Apa dampak dari terjadinya inflasi di suatu negara ?
Jawaban :
Secara umum, inflasi dapat mengakibatkan berkurangnya investasi di suatu negara, mendorong kenaikan suku bunga, mendorong penanaman modal yang bersifat spekulatif, kegagalan pelaksanaan pembangunan, ketidakstabilan ekonomi, defisit neraca pembayaran, dan merosotnya tingkat kehidupan dan kesejahteraan masyarakat
75. Jelaskan hubungan Inflasi, pengangguran dan pertumbuhan ekonomi !
Jawaban :
Hubungan inflasi, pengangguran dan pertumbuhan ekonomi Ada suatu hubungan terbalik antara tingkat inflasi dan tingkat pengangguran dalam suatu perekonomian. Semakin banyak pengusaha memperluas kesempatan kerja semakin dia harus membayar dengan faktor tertentu produksi dan pembayaran lebih banyak faktor produksi peningkatan biaya produksi unit akan diamati dan dalam rangka mempertahankan profitabilitas produk pengusaha akan mengembang harga produk tersebut.. Sebuah proses serupa akan diamati di seluruh perekonomian ketika pemerintah bermaksud untuk menciptakan pekerjaan. Harga produk atau jasa, di mana tenaga kerja terinstal, akan meningkat sehingga kenaikan tingkat inflasi akan terlihat melalui ekonomi luar. Dapat disimpulkan dari penjelasan tersebut di atas bahwa ketika pemerintah berniat untuk menurunkan menurunkan tingkat pengangguran yang harus menanggung kenaikan tingkat inflasi dalam perekonomian nasional.







76. Sebutkan dan jelaskan faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi !

Jawaban :

faktor-faktor tersebut dapat dikelompokan menjadi dua, yaitu :
1. Faktor ekonomi yang mempengaruhi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi diantaranya adalah sumber daya alam, sumber daya manusia, sumber daya modal, dan keahlian atau kewirausahaan.
2. Faktor nonekonomi mencakup kondisi sosial kultur yang ada di masyarakat, keadaan politik, kelembagaan, dan sistem yang berkembang dan berlaku.

77. Apa yang dimaksud dengan pengangguran Friksional ?

Jawaban :

Pengangguran friksional adalah pengangguran yang sifatnya sementara yang disebabkan adanya kendala waktu, informasi dan kondisi geografis antara pelamar kerja dengan pembuka lamaran pekerjaan.

78. Apa yang dimaksud dengan pengangguran struktural ?

Jawaban :

Pengangguran struktural adalah keadaan di mana penganggur yang mencari lapangan pekerjaan tidak mampu memenuhi persyaratan yang ditentukan pembuka lapangan kerja. Semakin maju suatu perekonomian suatu daerah akan meningkatkan kebutuhan akan sumber daya manusia yang memiliki kualitas yang lebih baik dari sebelumnya.

79. Apa yang dimaksud dengan pengangguran musiman ?

Jawaban :

Pengangguran musiman adalah keadaan menganggur karena adanya fluktuasi kegiaan ekonomi jangka pendek yang menyebabkan seseorang harus nganggur. Contohnya seperti petani yang menanti musim tanam, tukan jualan duren yang menanti musim durian.

Apa yang dimaksud dengan pengangguran siklikal ?

Jawaban :

Pengangguran siklikal adalah pengangguran yang menganggur akibat imbas naik turun siklus ekonomi sehingga permintaan tenaga kerja lebih rendah daripada penawaran kerja.







80. Sebutkan dan jelaskan dampak positif terjadinya inflasi !

Jawaban :
Dampak positif terjadinya inflasi, adalah sebagai berikut :
1.        Masyarakat akan semakin selektif dalam mengkonsumsi, produksi akan diusahakan seefisien mungkin dan konsumtifme dapat ditekan.
2.        Inflasi yang berkepanjangan dapat menumbuhkan industri kecil dalam negeri menjadi semakin dipercaya dan tangguh.
3.        Tingkat pengangguran cenderung akan menurun karena masyarakat akan tergerak untuk melakukan kegiatan produksi dengan cara mendirikan atau membuka usaha.


81. Jelaskan bagaimana cara mencegah terjadinya inflasi !

Jawaban :
Berikut cara mencegah terjadinya inflasi :

1. Kebijakan Moneter
Sasaran kebijakan moneter dicapai melalui pengaturan jumlah uang beredar.
2. Kebijakan Fiskal
Kebijakan fiskal menyangkut pengaturan tentang pengeluaran pemerintah serta perpajakan yang secara langsung dapat mempengaruhi permintaan total dan dengan demikian akan mempengaruhi harga.
3.  Kebijakan yang Berkaitan dengan Output
Kenaikan output dapat memperkecil laju inflasi. Kenaikan jumlah output ini dapat dicapai misalnya dengan kebijaksanaan penurunan bea masuk sehingga impor cenderung meningkat.
4. Kebijakan Penentuan Harga dan Indexing
Ini dilakukan dengan penentuan harga, serta didasarkan pada indeks harga tertentu untuk gaji ataupun upah (gaji/upah secara riil tetap). Kalau indeks harga naik,gaji atu upah juga dinaikkan.

82. Sebutkan jenis-jenis inflasi !

Jawaban :
Berdasarkan besar laju inflasi, antara lain
a.    Inflasi ringan atau Creeping inflation (di bawah 10% setahun)
b.    Inflasi sedang (antara 10 – 30% setahun)
c.    Inflasi berat (antara 30 – 100% setahun)
d.   Inflasi liar atau hyperinflation ( di atas 100% setahun)



Berdasarkan sebabnya, antara lain:
a.    Demand pull inflation adalah inflasi yang timbul karena permintaan masyarakat akan berbagai barang yang kuat.
b.    Cost Push Inflation adalah inflasi yang timbul karena kenaikan biaya produksi.

Berdasarkan asal terjadinya inflasi, antara lain:
a.       Inflasi yang berasal dari dalam negeri (domestic inflation)
b.      Inflasi yang berasal dari luar negeri (imported inflation) adalah inflasi yang timbul karena kenaikan harga-harga (yaitu, inflasi) di luar negeri atau di negara-negara langganan berdagang kita.


83. Sebutkan dampak pengangguran terhadap keamanan lingkungan !

Jawaban :

1. Turunnya tingkat kemakmuran masyarakat
2. Jika banyak orang yang menganggur berarti banyak orang yang tidak mempunyai pendapatan. Sehingga permintaan masyarakat terhadap barang dan jasa yang sedikit.
3. Kemampuan pemerintah untuk menarik pajak sedikit karena pendapatan masyarakat yang rendah.
4. Dapat menimbulkan masalah politik maupun social misalnya meningkatnya jumlah penduduk miskin banyak kejahatan yang dapat timbul, atau meningkatnya kegiatan ekonomi illegal seperti barang-barang selundupan.
5. Bagi si penganggur sendiri akan mengalami tekanan mental karena merasa tida berguna serta menerima pandangan negative dari masyarakat.

84. Sebutkan beberapa hak yang harus dilakukan untuk meningkatkan mutu tenaga kerja !

Jawaban :

Peningkatan mutu tenaga kerja dapat dilakukan dengan cara :
1. Menyelenggarakan pelatihan untuk pencari kerja
2. Menyelenggarakan pelatihan manajemen di seluruh provinsi
3. Menyelenggrakan pelatihan pematang dengan mengirimkan tenaga kerja terpilih ke luar negeri dan dalam negeri.
4. Meningkatkan prasarana pelatihan untuk untuk pencari kerja dan pegawai pengawas ketenagakerjaan.
5. Menyelenggarakan pendidikan, pelatihan, dan penyuluhan untuk pegawai pengawas ketenaga kerjaan.

85. Sebutkan peranan pemerintah dalam mengatasi masalah tenaga kerja !

Jawaban :

Adapun peran pemerintah dalam mengatasi masalah tenaga kerja adalah ::
Jawaban :

1. Menyusun dan memonitor pelaksanaan peraturan-peraturan ketenagakerjaan.
2. Meningkatkan kualitas dan produktivitas tenaga kerja
3. Memperluas dan mengembangkan kesempatan kerja di dalam negeri
4. Memperluas dan mengembangkan kesempatan kerja di luar negeri
5. Perlindungan tenaga kerja
6. Membina hubungan industrial dalam negeri dan internasional
7. Memonitor pelaksanakan ketenaga kerjaan
8. Menyusun dan melaksanakan program-program yang sekitarnya mendukung tercapainya system ketenaga kerjaan yang ideal.

86. Sebutkan permasalahan yang berkaitan dengan ketanagakerjaan !

Jawaban :

Beberapa permasalahan yang berkaitan dengan ketenagakerjaan.
1. Tingkat pengangguran tinggi
2. Jumlah angkatan kerja tinggi
3. Tingkat pendidikan dan ketrampilan angkatan kerja rendah
4. Penyebaran angkatan kerja tidak merata
5. Perlindungan kesejahteraan tenaga kerja kurang maksimal


87. Apa yang dimaksud dengan Produk domestik bruto (Gross domestic produk) ?

Jawaban :

Produk domestik bruto adalah nilai pasar semua barang dan jasa yang diproduksi oleh suatu negara pada periode tertentu.

88. Sebutkan dan jelaskan empat komponen Utama GDP !

Jawaban :

1. Konsumsi, atau secara lebih spesifik pengeluaran konsumsi perorangan, adalah pembelian barang dan jasa akhir oleh rumah tangga selama satu tahun. Contohnya : dry cleaning, potong rambut, perjalanan udara, dsb.
2. Investasi, atau secara lebih spesifik investasi domestik swasta bruto, adalah belanja pada barang kapital baru dan tambahan untuk persediaan.
Contohnya : bangunan dan mesin baru yang dibeli perusahaan untuk menghasilkan barang dan jasa.
3. Pembelian pemerintah, atau secara lebih spesifik konsumsi dan investasi bruto pemerintah, mencakup semua belanja semua tingkat pemerintahan pada barang dan jasa, dari pembersihan jalan sampai pembersihan ruang pengadilan, dari buku perpustakaan sampai upah petugas perpustakaan.
4. Ekspor netto, sama dengan nilai ekspor barang dan jasa suatu negara dikurangi dengan impor barang dan jasa negara tersebut.








89.Jelaskan Manfaat Perhitungan Pendapatan Nasional !

Jawaban :

1.      Mengikuti setruktur perekonomian
2.      Mengetahui tingkat kemakmuran
3.      Mengetahui tingkat pertumbuhan ekonomi
4.      Merumuskan kebijakan pemerintah dan perencanaan pembangunan
5.      Mengetahui perbandingan kemajuan perekonomian antarnegara


90. Apa yang dimaksud dengan pendekatan pendapatan ?

Jawaban :

Pendekatan pendapatan adalah suatu cara penghitung pendapatan nasional dengan cara menghitung jumlah pendapatan dari selutuh warga masyarakat pemilik faktor-faktor produksi seperti: pemilik faktor-faktor produksi, tanah, modal, tenaga kerja, dan kewirausahaaan selama 1 tahun.


91. Sebutkan dan jelaskan Tujuan perhitungan dengan menggunakan total nilai tambah .
Jawaban :
  1. Untuk mengetahui beberapa sumbangan produsen dri masing-masing faktor produksi terhadap prosukdi nasional
  2. Agar tidak terjadi adanya pembukuan ganda

92. Jika Bank Indonesia menetapkan cadangan wajib minimum yang harus ditaati oleh bank umum sebesar 12,5%, dan bank umum memiliki alat likuid sebesar Rp 400 miliar, maka berapakah jumlah uang yang beredar ?

Jawaban :

Uang beredar dapat dihitung sebagai berikut. 

Jumlah uang yang beredar:
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg02-b3ZOWzOdw91Oe2nCY5Wcrr19m2kiIC5CR_GYBtCk6OLES8sKKm2Edy6tFkfGCaJ7j7qPBo4L6hwZcocdvn-gMlp-e-moRzjZlCKC_3TiYgHYPhyphenhyphenh27xbkPNWd2nzfrTsxzWCfcu8Q/s1600/2-5-2013+5-35-02+PM.png
Jadi, jumlah uang yang beredar Rp3.200.000.000.000,


93. Sebutkan Tujuan kebijakan moneter !

Jawaban :

Tujuan pemerintah melakukan kebijakan moneter antara lain sebagai berikut.
a. Menyelenggarakan dan mengatur peredaran uang.
b. Menjaga dan memelihara kestabilan nilai uang rupiah, baik untuk dalam negeri maupun untuk lalu lintas pembayaran luar negeri.
c. Memperluas, memperlancar dan mengatur lalu lintas pembayaran uang giral.
d. Mencegah terjadinya inflasi (kenaikan harga barang secara umum).


94. Bagaimana mengukur Efektivitas kebijakan moneter ?

Jawaban :

Efektivitas kebijakan moneter diukur dengan besarnya kenaikan pendapatan masyarakat. Makin besar kenaikan pendapatan masyarakat berarti kebijakan moneter makin efektif, dan sebaliknya makin kecil pendapatan masyarakat berarti makin tidak efektif kebijakan moneter.


95. Efektivitas kebijakan moneter pada dasarnya ditentukan oleh dua hal, sebutkan dan jelaskan dua hal berikut .

Jawaban :

a. Elastisitas pengeluaran investasi terhadap tingkat bunga, artinya pengaruh perubahan tingkat bunga terhadap tingkat investasi. Makin elastis pengeluaran investasi terhadap tingkat bunga, maka kebijakan moneter makin efektif, sebab turunnya tingkat bunga akan menambah investasi yang cukup besar.
b. Elastisitas permintaan uang terhadap tingkat bunga, artinya pengaruh perubahan tingkat bunga terhadap permintaan uang. Makin elastis permintaan uang terhadap tingkat bunga, kebijakan moneter makin tidak efektif, dan sebaliknya makin tidak elastis permintaan uang terhadap tingkat bunga, kebijakan moneter makin efektif.


96. Sebutkan yang anda ketahui tentang penawaran uang !

Jawaban :
Penawaran uang yaitu Jumlah uang yang ada (beredar) dalam perekonomian pada suatu waktu tetentu.

97. Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi uang beredar !

Jawaban :

a. Kebijakan moneter Bank Sentral
b. Tingkat pendapatan masyarakat
c. Tingkat harga
d. Selera masyarakat
e. Meningkatnya produksi barang jasa
f. Kebijakan anggaran yang dianut

98. Apa kebijakan pemerintah waktu mengatasi masalah dibidang ekonomi?

Jawaban :
a. Kebijakan fiskal yaitu kebijakan pemerintah yang dilakukan dengan cara mengubah penerimaan dan pengeluaran negara.
b. Kebijakan moneter; yaitu kebijakan pemerintah melalui Bank Sentral untuk menambah atau mengurangi jumlah uang yang beredar dalam rangka mengendalikan perekonomian.
c. Kebijakan bukan fiskal dan bukan moneter, terdiri atas:
• Kebijakan mengendalikan tuntutan kenaikan pendapatan para pekerja.
• Kebijakan mendorong pengusaha meningkatkan efisiensi produksi
• Kebijakan menyumbangkan infrastruktur.
• Membuat peraturan-peraturan yang kondusif.

99. Apa masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi ?

Jawaban :
a. Pertumbuhan ekonomi
b. Ketidakstabilan kegiatan perekonomian
c. Pengangguran
d. Inflasi
e. Defisit Neraca Pembayaran


100. Apa yang dimaksud dengan peningkatan tingkat pendapatan ?

Jawaban :

Peningkatan yang tinggi dalam permintaan agregat disebabkan oleh peningkatan dalam pendapatan pengguna. Pendapatan yang tinggi ini akan meninggikan kecenderungan pengguna untuk berbelanja dan ini akan meningkatkan jumlah permintaan dalam sesebuah ekonomi. Pada kebiasaannya, peningkatan pendapatan pengguna berlaku pada ketika ekonomi mengalami pertumbuhan yang tinggi

101. Apa yang dimaksud dengan peningkatan penawaran uang ?

Jawaban :
Penawaran uang yang banyak dalam sesuatu ekonomi boleh meningkatkan jumlah permintaan dalam negara. Jika penawaran wang tidak dikawal, maka ekonomi pada keseluruhannya mempunyai kadar kecairan yang tinggi dan ia akan meningkatkan jumlah permintaan dalam negara. Jika terlalu banyak wang yang mengejar barangan dan perkhidmatan yang sedikit, maka inflasi akan wujud.


102. Mengapa Inflasi dapat diimpor dari luar negeri ?

Jawaban :
Peningkatan harga di luar negara Inflasi boleh menyerap dalam sesebuah negara melalui import terutamanya bagi sesebuah ekonomi terbuka yang banyak mengimport barangan dan perkhidmatan dari luar negara. Jika harga import ini meningkat, maka ia akan memberi kesan kepada harga dalam negara.
Penurunan kadar pertukaran
uang Inflasi import ini juga dipengaruhi oleh kadar pertukaran uang. Umpamanya, jika kadar pertukaran wang Malaysia dengan Amerika Syarikat jatuh (bermakna semakin banyak ringgit diperlukan untuk membeli satu dolar Amerika), maka dengan secara langsung Malaysia terpaksa membelanjakan banyak uang untuk mendapat sejumlah barangan dan membayar dengan harga yang tinggi. Tentunya harga yang tinggi ini akan dikenakan ke atas pengguna dalam negara.

103. Apa yang mempengaruhi jangka penggunaan ?

Jawaban :
Inflasi juga dipengaruhi oleh jangkaan pengguna. Jika pengguna membuat jangkaan yang harga akan naik pada masa hadapan, mereka akan berbelanja sekarang dan ini akan menambah jumlah permintaan dalam sesuatu ekonomi. Seterusnya, ini akan memberi peluang kepada pengeluar untuk mengambil kesempatan untuk meningkatkan harga.


104. Mengapa Inflasi dapat diimpor dari luar negeri ?

Jawaban :

Peningkatan harga di luar negara Inflasi boleh menyerap dalam sesebuah negara melalui import terutamanya bagi sesebuah ekonomi terbuka yang banyak mengimport barangan dan perkhidmatan dari luar negara. Jika harga import ini meningkat, maka ia akan memberi kesan kepada harga dalam negara.
Penurunan kadar pertukaran wang
Inflasi import ini juga dipengaruhi oleh kadar pertukaran wang. Umpamanya, jika kadar pertukaran wang Malaysia dengan Amerika Syarikat jatuh (bermakna semakin banyak ringgit diperlukan untuk membeli satu dolar Amerika), maka dengan secara langsung Malaysia terpaksa membelanjakan banyak wang untuk mendapat sejumlah barangan dan membayar dengan harga yang tinggi. Tentunya harga yang tinggi ini akan dikenakan ke atas pengguna dalam negara.

105. Dalam ekonomi modern, apa alasan masyrakat menggunakan uangnya ?

Jawaban :

Dalam ekonomi modern masyrakat menggunakan uangnya untuk tujuan spekulasi, yaitu disimpan atau digunakan untuk membeli surat-surat berharga seperti obligasi pemerintah, saham perusahaan dan treasury bill. Dalam menggunakan uang dalam tujuan spekulasi ini suku bunga atau dividen yang diperoleh dari memiliki surat-surat berharga tersebut sangat penting dalam menentukan besarnya jumlah permintaan uang.


106. Sebutkan alasan kenapa masyarakat harus memegang uang di dalam kehidupan ?

Jawaban :
1. Permintaan uang untuk transaksi
2.Permintaan uang untuk berjaga-jaga
3.Permintaan uang untuk spekulasi


107. Apa pendapat Keynes terhadap kuantitas uang ?

Jawaban :
Keynes berpendapat bahwa pertambahan jumlah uang beredar dapat menaikkan harga-harga, tetapi kenaikan harga-harga tidak selalu sebanding dengan kenaikan jumlah uang beredar.


108. Sebutkan instrumen-instrumen kebijakan moneter !

Jawaban :
1. Operasi Pasar Terbuka (Open Market Operation)
2. Fasilitas Diskonto (Discount Rate)
3. Rasio Cadangan Wajib (Reserve Requirement Ratio)
4. Imbauan Moral (Moral Persuasion)
109. Apa yang dimaksud dengan operasi pasar terbuka pada komponen kebijakan moneter ?

Jawaban :
Operasi pasar terbuka adalah cara mengendalikan uang yang beredar dengan menjual atau membeli surat berharga pemerintah (government securities). Jika ingin menambah jumlah uang beredar, pemerintah akan membeli surat berharga pemerintah. Namun, bila ingin jumlah uang yang beredar berkurang, maka pemerintah akan menjual surat berharga pemerintah kepada masyarakat. Surat berharga pemerintah antara lain diantaranya adalah SBI atau singkatan dari Sertifikat Bank Indonesia dan SBPU atau singkatan atas Surat Berharga Pasar Uang.

110. Apa yang dimaksud dengan fasilitas diskonto ?
Jawaban :
Fasilitas diskonto adalah pengaturan jumlah uang yang beredar dengan memainkan tingkat bunga bank sentral pada bank umum. Bank umum kadang-kadang mengalami kekurangan uang sehingga harus meminjam ke bank sentral. Untuk membuat jumlah uang bertambah, pemerintah menurunkan tingkat bunga bank sentral, serta sebaliknya menaikkan tingkat bunga demi membuat uang yang beredar berkurang.


111. Apa yang dimaksud dengan Rasio cadangan wajib ?
Jawaban :
Rasio cadangan wajib adalah mengatur jumlah uang yang beredar dengan memainkan jumlah dana cadangan perbankan yang harus disimpan pada pemerintah. Untuk menambah jumlah uang, pemerintah menurunkan rasio cadangan wajib. Untuk menurunkan jumlah uang beredar, pemerintah menaikkan rasio.

112. Pandangan Klasik mempunyai padangan terhadap penawaran uang dan harga , coba jelaskan apa pandangan klasik terhadap penawaran uang dan harga tersebut !

Jawaban :

Pandangan klasik terhadap penawaran dan harga, yaitu : perubahan dalam penawaran uang akan menimbulkan perubahan yang sama persentasinya dengan tingkat harga. Kenaikan penawaran uang akan menaikan harga pada tingkat yang sama dan penurunan penawaran uang akan menurunkan harga juga pada tingkat yang sama.

113. Bagaimana pandangan Ahli –ahli ekonomi modern yang dikenal sebagai golongan monetaris terhadap teori kuantitas uang !

Jawaban :

 Ahli –ahli ekonomi modern yang menyokong teori ini dikenal sebagai golongan monetaris. Mereka berpendapat bahwa pemerintah perlu mengatur penawaran uang agar inflasi dapat dihindari dan perekonomian dapat berkembang dengan teguh. Sedangkan ahli-ahli yang menolak teori ini berpendapat teori kuantitas mengandung beberapa kelemahan dan tidak dapat memberikan penjelasan yang baik mengenai sifat- sifat perhubungan diantara penawaran uang dan tingkat harga dan kegiatan ekonomi Negara.



12 komentar:

  1. mau tnya ; mengapa setiap negara menghadapi masalah pengangguran? apa jawabanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau menurut saya :
      1. Besarnya Angkatan Kerja Tidak Seimbang dengan Kesempatan Kerja

      2. Struktur Lapangan Kerja Tidak Seimbang

      3. Kebutuhan jumlah dan jenis tenaga terdidik dan penyediaan tenaga terdidik tidak seimbang

      Hapus
  2. mau tnya ; mengapa setiap negara menghadapi masalah pengangguran? apa jawabanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena kurangnya lapangan pekerjaan di setiap negara yg tidak sesuai dengan para pekerja nya,jadi tidak seimbang antara lapangan pekerjaan dan pekerja

      Hapus
  3. Halo selamat Siang,

    Perkenalkan nama saya Lauren, manajer afiliasi untuk InstaForex Group.

    Disini saya ingin menawarkan Anda untuk bergabung dalam program afiliasi yang memberikan Anda keuntungan komisi mulai dari 1.5 - 5.3 pip untuk Forex dan mencapai 20 - 26 pip untuk Gold.

    Selain keuntungan tersebut kami juga dapat menawarkan fasilitas lainnya untuk memfasilitasi deposit dan penarikan dana untuk klien-klien Anda.

    Saya menunggu kabar baik dari Anda segera.
    Silakan menghubungi saya melalui detil yang terdapat di bawah.
    Kami akan senang untuk membangun kerja sama yang saling menguntungkan dengan Anda.


    Terima kasih.

    Hormat saya
    Laurent

    ID Skype: Lauren InstaFX
    Facebook: Lawrence Instaforex
    Phone/WA: +628119105674
    Email : Lauren@mail4.instaforex.com
    www.instaforex.com

    BalasHapus
  4. Menghitung PDB berdasarkan Pendekatan Pengeluaran:

    Untuk masing-masing situasi berikut, tentukan apakah transaksi tersebut akan mempengaruhi PDB dan jika YA, di mana kategori pengeluaran tersebut akan dimasukkan.

    a. Rumah Tangga membeli sebuah rumah yang dibangun pada tahun 1985.

    b. Rumah tangga membeli mesin pencuci yang baru diproduksi

    c. Seorang petani membeli traktor baru untuk bekerja di ladangnya.

    d. Seorang difabel menerima tunjangan sosial dari pemerintah .

    e. Departemen Pertahanan membeli sepuluh jet tempur yang baru saja diproduksi di Rusia.

    BalasHapus
  5. Diketahui bahwa banyak sector ekonomi di Indonesia yang mengalami penurunan berdasarkan pertumbuhan year- on- year. Sumber pertumbuhan ekonomi Indonesia dimana pandemi covid 19 ada yang mengalami pertumbuhan ada yang mengalami penurunan pertanyaan sector ekonomi manakah yang paling rendah dan sector apa yang paling tinggi perannya terhadap pertumbuhan pasca pandemi covid 19.

    BalasHapus
  6. NYONYA. UMAR DEWI saya rakyat Indonesia, saya ingin membagikan apa yang telah dilakukan Tuhan Yang Maha Esa dalam hidup saya di sini pada platform ini agar semua WNI harus berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Tuhan membantu saya melalui Pemberi Pinjaman yang baik, LASSA JIM. Setelah begitu banyak tertipu oleh lander palsu dan lembaga pinjaman yang berbeda, saya kehilangan lebih dari 45 juta rupiah dengan pemberi pinjaman yang berbeda karena saya mencari pinjaman (Rp800) setelah membayar biaya dan tidak mendapatkan pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya, yang kemudian memperkenalkan saya dengan Ibu LASSA JIM, pemberi pinjaman di sebuah perusahaan bernama LASSA JIM LOAN COMPANY sehingga teman saya meminta saya untuk melamar ibu LASSA, jadi Saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Ny. LASSA.
    Saya mengajukan pinjaman 3,5 miliar rupiah dengan tingkat bunga 2%, jadi pinjaman disetujui tanpa tekanan dan semua pengaturan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan keamanan untuk transfer pinjaman yang baru saja saya sampaikan. dapatkan perjanjian lisensi, aplikasi mereka untuk mentransfer kredit saya dan lihatlah dalam waktu kurang dari 48 jam pinjaman itu disetorkan ke rekening bank saya.
    Saya menerima telepon dari bank saya bahwa rekening saya telah dikreditkan dengan jumlah 3,5 miliar. Saya sangat berterima kasih kepada ibu LASSA JIM yang Tuhan gunakan untuk menjawab doa saya. Mereka juga memberikan nasihat kepada konsultan dan ahli tentang jenis bisnis dan strategi investasi. Semoga Tuhan meninggikan Ibu LASSA JIM. Saya sarankan kepada siapapun yang berminat mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ibu LASSA melalui email: lassajimloancompany@gmail.com

    Anda juga dapat menghubungi nomor JIM ibu LASSA whatsApp +1(301)969-1955.

    Terakhir, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: Umardewidua@gmail.com.
    Sekali lagi nama saya UMAR DEWI.

    BalasHapus
  7. negara Indonesia
    Nama: Ibu Nurul Fajar
    Alamat: Nusa Lembongan
    Surel: Nurulfajardua@gmail.com

    Rekan-rekan Indonesia saya semoga rahmat Allah dan berkah menyertai kami.
    Sudah satu tahun tiga bulan sekarang saya mendapat pinjaman 2,7 miliar rupiah dari (LASSA JIM LOANS COMPANY).
    Dengan pinjaman ini, saya dapat mengembangkan bisnis dan peternakan unggas saya untuk memenuhi jumlah permintaan dan membayar cicilan pinjaman bulanan.
    Saya tidak terlalu stres dengan bank saya untuk mendapatkan pinjaman karena (perusahaan pinjaman Lassa Jim) adalah yang terbaik dalam meminjamkan uang. Saya tahu ada banyak perusahaan pinjaman palsu online tapi percayalah, LASSA JIM LOAN COMPANY dan persyaratan manajemennya dapat dipercaya.

    Anda dapat menghubungi perusahaan Pinjaman LASSA JIM melalui kontak ini:
    Email: Lassajimloancompany@gmail.com
    Nomor WhatsApp: +13019691955.

    Sekali lagi saya adalah Bu Nurul Fajar

    BalasHapus
  8. Mau tanya kak
    Suatu perekonomian dimisalkan sebagai berikut :
    fungsi konsumsi C = 4000 + 0,75Yd
    Investasi adalah I = 6000
    Pengeluaran pemerintah (G) = 8000
    pajak adalah 20% dari Y
    Berapakah pendapatan nasional dari perekonomian ini dan lukislah grafik keseimbangannya !

    BalasHapus
  9. Kabar baik!!!

    Nama saya teddy dan saya dari Jawa Tengah Indonesia dan alamat saya KP. KADU RT 10 RW 04 KEL SUKAMULYA KEC CIKUPA KAB TANGERANG BANTEN, Saya baru saja menerima pinjaman Rp 3 Miliar (Small Business Admintration (SBA) dari Perusahaan Pinjaman Dangote setelah membaca artikel dari Lady Jane Alice (ladyjanealice@gmail.com) dan Mahammad Ismali (mahammadismali234@gmail.com) tentang cara mendapatkan
    pinjaman dari Perusahaan Pinjaman Dangote dengan tingkat bunga 2% tanpa lisensi atau biaya gurantor, saya baru saja melamar melalui email dan ikhlas selama prosesnya, awalnya saya takut mengira itu seperti penipuan perusahaan peminjaman sebelumnya, tetapi yang mengejutkan saya ini nyata bahwa saya juga berjanji akan memberi tahu lebih banyak orang, percayalah itu nyata 100%, pelamar lain dari negara lain juga dapat bersaksi.

    Email Perusahaan Pinjaman Dangote Melalui email: Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    Email saya: teddydouble334@yahoo.com

    BalasHapus
  10. mau tanyak kak,
    Sebutkan dan jelaskan dengan contoh, dua pangkal pernyataan yang menjadi dasar terjadinya kegiatan ekonomi.

    BalasHapus